Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Riset Microstock Shutterstock

Banyak cara mendapat hasil riset di microstock. Kali ini kita akan riset dengan dua cara yang berbeda. yang pertama dari shutterstock sendiri sebagai bahan dasar untuk mengenal riset dan kemudian yang kedua adalah dengan riset di M-rank.
1. Riset Market di Shutterstock

setiap hari mempunyai cara tersendiri untuk berekspolrasi menjual gambar terbaik kita. namun apabila dak laku akan mengendorkan semangat kita sebagai microstocker. Kali ini kita akan berselancar menelusuri microstocker dunia dengan melihat dan mempelajari portofolionya.

Baca: Cara daftar Contributor Shutterstock

Agar lebih efektif adalah mencari sesuai hobi kita. apa yang akan kita jual di shutterstock. Banyak kategori yang bisa diambil. di Shutterstock sendiri ada Photo, Vector, Ilustrasi, Musik, dan Footage. Lima pilihan produk ini akan kita garap disshutterstock. Namun kita pelajari apa yang kita suka dan apa yang kita bisa kerjakan. Anda dak usah serakah, yaitu mengerjakan semuanya. sy yakin dak mampu.

Jika sudah menemukan apa yang sudah sesuai dengan anda. maka cari yang terpopuler. Catat produk mereka yang populer, dan kemudian cek apakah benar benar jadi produk terpopuler oleh shutterstock atau tidak. Cara adalah sebagai berikut:

  • Cari gambar yang terpopuler yang akan kita cek.
  • copy dan masukkan ID produknya (untuk mengcopy ID gambar terdapat dibawah contributornya, misal Royalty-free stock photo ID: 142367xxxx) ke mesin pencarian M-rank dot net. lalu klik Search. M-Rank ini akan membuktikan bahwa gambar tersebut benar benar jadi terpopuler atau tidak. 
  • Hasil pencarian : Jika gambar tersebut ada di M-Rank maka dapat dipastikan bahwa gambar tersebut adalah gambar yang banyak dicari. ID Produk tersebut mempunyai peringkat yang bagus di Shutterstock. Namun jika tidak muncul atau tertulis (tidak ditemukan gambar yang sama dalam list 100ribu Vector di Shutterstock), Maka ini artinya sangat kecil kemungkinan terjual di SS.
Prinsipnya begini: Muncul di M-Rank = Peringkat bagus = Banyak dicari Buyer = Banyak di download.

Baca: Cara Upload Vektor Terbaru

Jika gambar tersebut muncul di Mrank maka kita akan mempelajari keyword dan deskripsi yang di miliki produk tersebut. ada yang perlu dicatat adalah: jika keyword-keyword yang bertanda tebal atau bold di M-Rank maka itu tandanya adalah keyword yang sering dicari buyer atau mudah ditemukan buyer dan mereka akan mendownloadnya. setelah kita tahu keyword-keyword tersbut lalu kita rekam/catat untuk diterapkan di produk kita sendiri yang sejenis. 

2. Riset Market di M-Rank secara langsung

di M-Rank selalu menyajikan 6 Produk vektor teratas, 3 Portofolio terbaik, Peringkat Pertumbuhan pesat/terbaik dalam sebulan, Produk yang Top Marketable/Paling dicari pasar, dan ke bawah lagi ada submit terbaik. Inilah dasar untuk mendalami M-Rank. 

Kolom Search M-Rank dapat diisi dengan Nama Contributor, atau ID portofolio, atau #rank (nomor peringkat), atau dengan link gambar. Untuk riset kita pakai #rank, misal kita ingin tahu produk apa saja di peringkat 1000, maka kita ketikkan di kolom search M-Rank #1000. lalu klik Search. maka akan muncul gambar yang berada di posisi 1000.

Baca: Cara beli Gambar unik di Shutterstock

Untuk mengetahui keyword dan deskripsi yang dipakai dengan cara klik gambar yang sudah muncul tersebut. Lalu Amati dan tiru atau modifikasi deskripsi dan keywords tersebut untuk di produk kita. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik adalah dengan cara mengamati rank di angka #2000 keatas. dan kategori 1 tema saja. Hal ini dimaksudkan untuk bisa bersaing dengan produk yang lain yang mempunyai pencarian yang banyak. atau banyak dicari pasar. Jadi dengan tema yang kita suka dan kemudian kita tahu posisi rank kita maka akan semakin berpotensi untuk dicari buyer dan dibelinya. 

Ok, Selamat bereksplorasi dan semoga sukses.

Post a Comment for "Cara Riset Microstock Shutterstock"