Adobe Stock Vs Shutterstock kelebihan dan perbedaannya

Adobe Stock Vs Shutterstock kelebihan dan perbedaannya. situs foto microstock seperti Adobe Stock dan Shutterstock

Perusahaan Adobe mulai tahun 2015 akhirnya memasuki industri fotografi microstock. Pada tahun tersebut, perusahaan Adobe merilis Adobe Stock yaitu situs penjualan foto microstock, untuk bersaing dengan situs web yang sama seperti iStock dan Shutterstock. Untuk para fotografer microstock, hal ini jelas merupakan berita besar karena fotografer sekarang memiliki tempat baru untuk menjual stok foto mereka.

Shutterstock - merupakan pesaing berat Adobe Stock - yang sudah telah lama bermain di industri fotografi microstock. Shutterstock pertama kali diluncurkan adalah pada tahun 2003 dan menjadi salah satu agen foto microstock paling terdepan. Nah sekarang, antara Adobe Stock atau Shutterstock mengadopsi konsep model bisnis yang sama. Sehingga para fotografer dapat memanfaatkannya untuk menjual foto. Adobe Stock dan Shutterstock ini tidak hanya jual foto saja, bahkan ilustrasi dan juga footage atau video.

Bacalagi: 10 Tips Fotografi Digital untuk Pemula

Selain itu, mereka berdua juga menawarkan opsi pembelian lainnya. Di Adobe Stock, konsumen juga dapat membeli gambar individual tanpa harus menjadi pelanggan. Tetapi, mereka perlu membayar lebih jika memilih metode ini. Sementara itu, Shutterstock juga menawarkan opsi pembelian On Demand bagi konsumen. Memahami opsi pembelian adalah penting bagi fotografer untuk meraba-raba berapa banyak uang yang akan mereka dapatkan dari menjual foto mereka.

Lalu apa perbedaannya yang tajam antara Adobe Stock dan Shutterstock? keduanya ternyata memang dapat dipakai untuk memulai menghasilkan uang ekstra dengan menjual foto ke situs foto microstock tersebut.

Proses registrasi

Tentu saja, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengirimkan foto Anda adalah dengan membuat akun terlebih dahulu. Pada awalnya, pembuatan akun di shutterstock membutuhkan paspor agar dapat disetujui. Namun Tahun 2018 yang lalu proses pendaftaran Shutterstock sudah tanpa paspor. Kemudian baru bisa mempublikasikan foto yang akan di submit.


Sedangkan di Adobe Stock tidak menerapkan persyaratan yang rumit untuk membuat akun. Anda dapat mulai menjual foto Anda menggunakan akun Adobe ID Anda. Namun tetap saja, foto Anda akan menjalani proses peninjauan sebelum dipublikasikan. Sederhananya, proses pendaftaran Adobe Stock sudah sama dengan Shutterstock.

Opsi pembelian

Seperti yang saya sebutkan di atas, memahami opsi pembelian cukup penting jika Anda ingin menjual foto Anda ke situs foto microstock seperti Adobe Stock dan Shutterstock. Dengan memahami opsi pembelian, Anda akan memahami bagaimana foto Anda akan dijual.

Baik itu Adobe Stock atau Shutterstock mengadopsi model berlangganan sebagai opsi pembelian utama. Konsumen membayar dolar tertentu untuk mengunduh konten dari mereka. Adobe Stock dan Shutterstock menawarkan paket berlangganan yang cukup serupa. Paket berlangganan termurah yang ditawarkan oleh Adobe Stock adalah $ 29,99 / bulan. Paket ini memungkinkan konsumen untuk mengunduh 10 konten (disebut aset oleh Adobe) per bulan, sama dengan $ 3,00 per aset.

Bacalagi: Tips Photo di Waktu Emas Photography dan Tahapan Waktu Memotret

Sementara itu, paket berlangganan termurah yang ditawarkan oleh Shutterstock adalah $ 29 / bulan. Paket ini memungkinkan konsumen mengunduh 10 konten per bulan. Terlihat sama dengan Adobe Stock, tetapi Anda harus berkomitmen untuk kontrak setahun. Jika Anda memilih langganan bulanan, Anda harus membayar $ 49 / bulan untuk jumlah unduhan yang sama. Di Adobe, pengguna juga dapat membeli aset secara individual tanpa harus menjadi pelanggan Adobe Stock. Tapi, mereka harus membayar lebih tinggi. Misalnya, setiap foto dihargai $ 79,99. Harga ini sudah termasuk perpanjangan lisensi. Jika Anda memilih opsi berlangganan, Anda hanya akan mendapatkan lisensi standar.

Di Shutterstock, konsumen tidak memiliki kesempatan untuk membeli konten secara individual. Jika Anda ingin mendapatkan lisensi konten tertentu yang disempurnakan, Shutterstock menawarkan opsi Berdasarkan Permintaan di mana mereka dapat memilih lisensi yang disempurnakan daripada standar. Paket termurah dari lisensi yang ditingkatkan adalah $ 199, yang berlaku untuk dua konten.

Komisi dan metode pembayaran

Saya tahu apa yang Anda pikirkan ketika memutuskan untuk memilih situs foto microstock tertentu untuk menjual foto Anda. Komisi. Bukan begitu?

Komisi dari Adobe Stock.

Adobe Stock menawarkan royalti kompetitif sebesar 33% untuk gambar dan 35% untuk video. Mari kita ambil contoh. Jika seorang konsumen dengan paket berlangganan termurah mengunduh salah satu foto Anda, Anda akan mendapatkan sekitar $ 0,99. Atau, jika ada seseorang yang membeli salah satu foto Anda secara individual (tanpa menjadi pelanggan), Anda akan mendapatkan sekitar $ 26 karena setiap foto dihargai $ 79,99. Adobe Stock sendiri menerapkan tarif komisi tetap. Yang berarti, tidak peduli berapa kali foto Anda diunduh, Anda akan tetap mendapatkan 33% dari setiap foto yang diunduh. Untuk metode pembayaran, Adobe Stock menerima Paypal dan Skrill dengan batas minimum $ 50.

Komisi dari Shutterstock

Shutterstock menawarkan tingkat komisi yang lebih rendah daripada Adobe Stock. Nilai komisi Anda ditentukan oleh parameter yang disebut penghasilan seumur hidup. Penghasilan seumur hidup adalah jumlah total penghasilan yang telah Anda peroleh dari Shutterstock. Kontributor baru akan mendapatkan 20% dari setiap foto yang diunduh. Dengan foto rata-rata dengan harga antara $ 1 hingga $ 2, Anda akan mendapatkan sekitar $ 0,25 untuk setiap gambar yang diunduh oleh pelanggan Shutterstock.

Bacalagi: Memahami Shutterstock Business Model dan cara buat Website Microstock

Untuk metode pembayaran, Shutterstock menerima Payoneer, Paypal, Skrill, dan cek bank dengan pembayaran minimum yang dapat Anda tentukan sendiri.

Kesimpulan Adobe Stock Vs Shutterstock

Baik itu Adobe Stock atau Shutterstock adalah tempat yang bagus untuk menjual foto stok Anda. Mereka dapat mengubah fotografi Anda menjadi pekerjaan Anda (jika Anda cukup konsisten). Sangat mudah untuk mengatakan bahwa Adobe Stock terlihat lebih menjanjikan dalam menghasilkan uang karena menawarkan persentase komisi yang lebih tinggi daripada Shutterstock. Ditambah fakta bahwa pengguna dapat membeli konten secara langsung melalui aplikasi Adobe Creative Cloud (Photoshop, Illustrator, InDesign, dan sebagainya). Namun, Adobe Stock belum benar-benar global. Beberapa lisensi online tidak tersedia di wilayah tertentu, yang dapat mengurangi kemungkinan foto Anda dibeli oleh pengguna di wilayah tertentu.

Di sisi lain, meskipun persentase komisi lebih rendah, Shutterstock memiliki konsumen global. Konsumen Shutterstock mulai dari agensi digital, desainer hingga blogger. Mereka semua dapat membeli konten Shutterstock dengan mudah, tanpa batasan wilayah seperti Adobe Stock.

COMMENTS

Name

Footage,7,microstock,6,panduan,27,Perangkat,7,shutterstock,9,
ltr
item
Tutorial Microstock Shutterstock: Adobe Stock Vs Shutterstock kelebihan dan perbedaannya
Adobe Stock Vs Shutterstock kelebihan dan perbedaannya
Adobe Stock Vs Shutterstock kelebihan dan perbedaannya. situs foto microstock seperti Adobe Stock dan Shutterstock
https://1.bp.blogspot.com/-jaXe11gY0lM/XWkubZKocmI/AAAAAAAACJA/dTSUkeVtY903lnShgUfdGC8TQM07yJbnQCLcBGAs/s640/adobe-stock-vs-shutterstock.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jaXe11gY0lM/XWkubZKocmI/AAAAAAAACJA/dTSUkeVtY903lnShgUfdGC8TQM07yJbnQCLcBGAs/s72-c/adobe-stock-vs-shutterstock.jpg
Tutorial Microstock Shutterstock
https://www.microstockpix.com/2019/08/adobe-stock-vs-shutterstock-kelebihan.html
https://www.microstockpix.com/
https://www.microstockpix.com/
https://www.microstockpix.com/2019/08/adobe-stock-vs-shutterstock-kelebihan.html
true
1561193472682183279
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy